Sunday 17 February 2019

-10072017-

Malem tadi sekitaran jam setengah 1, pas di dapur, lagi ngaduk-ngaduk beef soup di hotplate sambil dengerin mp3 pake headset, tiba-tiba gue dikagetkan oleh kedatangan seseorang. Kalo diliat dari penampakannya, sih, dia ini dari negara paman Sam.. Samitabh Bachchan maksudnya.. iyes, orang India gitu. Dengan muka yang memelas dia minta sesuatu. Suaranya nggak begitu kedengeran jelas, karena gue sambil pake headset. Tapi sekilas gue baca gerak bibirnya dia bilang,

"Cakwe.. cakwe!!" sambil ngasih mangkok ke gue.

Terus gue ulangi lagi permintaan dia,

"Haahh? Cakwe??"

Suara gue kayaknya kekencengan di depan muka dia karena lagu di headset gue masih nge-play, keliatan gerak kepala dia agak mundur dikit sambil matanya kriyipan gitu.

Dia ngulangin lagi,

"Cakwe.. cakwe..!!"

Egilelundro, jam segini gue nyari cakue dimana? Kalopun ada tukang cakue, belom jualan juga kali jam setengah 1 begitu. Mamang cakue depan sekolah gue aja mulai jualan jam sembilanan.

Akhirnya sebagai food producer yang baik, gue harus mem-provide kebutuhan konsumen donk yah. Oke, lah, gue bikinin cakue. Gue udah siap-siap aja belanja tepung ke pasar, udah ngeluarin elang gitu, biar kayak sinetron di Indosiar, ke warung depan aja naek elang. Yek'elah.. 😒

Ketika saya hendak balik badan, bersiap untuk mengendarai elang, dia tahan bahu saya, seraya berkata,

"Hati-hati, Baginda!" sambil senyum Pepsodent.

Eh, nggak.. nggak gitu ceritanya, dia mana bisa bahasa Indonesia, lah?!

Ngeliat muka gue yang kebingungan kenapa kok orang India sampe tau cakue, dia ngulangin lagi sambil meragain pake tangan yang seolah kayak megang kelereng pake jari telunjuk sama jempol.

"Cakwe.. cakwe.. cereal.. like cornflakes but black.. black!"

Elo tau dia minta apa? Dia minta KOKO KRUNCH ternyata! Dan maksudnya itu bukan cakwe, tapi CHOCOLATE (dibaca: CAKLEYT!) esempaklu! Lagian malem-malem gitu minta sereal.. sehat, lu, Bang??

Gue tuh sebel, deh, orang kalo ngomong tu pronunciation-nya belepetan gitu, kalo gue nggak ngerti terus gue yang salah gitu?? Haaahh??!! Haaaaaahh??!!

Eh, eniwei.. "tumben" itu bahasa Inggrisnya apa, sih? Seringkali gue pengen pake kata-kata "tumben", tapi bingung vocab bahasa Inggris-nya itu apa.

Kalo pake bahasa Inggris itu jadi lebih panjang. Misalnya gue pengen bilang,

"Tumben luh nggak bau jigong?!"

Kalo gue bahasa Inggris-in jadi,

"Today your mouth smelled good aaa?! yesterday it smelled dragon" .. (abaikan grammar, di sini grammar nggak penting) nah kan nggak simpel.. "tumben" itu apa, sih, bahasa Inggris-nya?

*Salam Sempak Selalu*

No comments:

Post a Comment