Tuesday 2 January 2018

-05072017-

Ngajarin generasi pendahulu dalam berteknologi yang rada canggihan dikit itu emang agak ribet. Balik kerja hari ini tiba-tiba nyokap kirim voice note, bilang katanya salah upload foto di Facebook, nggak sengaja jadi profile picture, terus keburu ada temennya yang komen. Lagian jadi profile picture kok "nggak disengaja" .. niat banget "nggak sengaja" nya. 😒

Sekarang katanya profile picturenya udah diganti, tapi profile picture sebelumnya masih ada yang bisa komen. Terus beliau nanya ke gue, "Kok bisaakkk??"
Akhirnya gue jelasin, bahwa profile picture di Facebook itu nggak kayak di Whatsapp, yang kalo diganti, profile picture-nya yang lalu itu udah bener-bener ilang nggak bisa diliat atopun dikomen, kalo mau bener-bener ilang, profile picture di Facebook harus diapus dari album "Profile Picture".

Kegiatan "kursus kilat" soal gadget gini, udah biasa antara gue sama nyokap, walopun jarak jauh gini. Biasanya gue kasih langkah-langkahnya sambil gue capture screen-nya terus gue coret-coret, gue tandain mana-mana yang harus di-touch. Nyokap minta step-step-nya gimana untuk masuk ke album "Profile Picture" buat ngapus foto. Akhirnya gue capture-in dari profile Facebook gue, di album-album foto gue, terus gue kirim. Tumben-tumbenan sekarang nyokap udah lebih cepet ngertinya. Biasanya gue jelasin sampe bulu ketek ubanan, nggak paham-paham. Apalagi jarak jauh gini, mungkin sampe bulu ketek ubanan kemudian bercabang 12, tetep aja nggak ngerti-ngerti.

Sepuluh menit berlalu, belom ada tanda-tanda chat dari nyokap, agaknya nyokap masih utak-atik isi Facebooknya. Akhirnya *cling* chat masuk dari nyokap,

"Udah bisa, nih! Dari kemaren, kek, jadi nggak keburu dikomen sama temen-temen"

Nyokap gue tuh berasa artis banget, deh, temen Facebook cuma 20 biji aja songong.

"Yee, kenapa baru nanyanya sekarang?"

"Iya, kemaren sibuk banget!"

Nyokap gue tuh berasa orang penting banget deh, sok sibuk, kayak yang ngurusin negara aja.

"Eh, itu screen capture FB mu.. foto-fotomu kok keren-keren.. cakep-cakep? Kalo di rumah kok kusut berantakan, compang-camping kayak gembel gitu?"

... suasana hening sesaat ...

... masih hening ...

... tetep hening ...

Ini nyokap gue nampaknya ngajakin ribut, nantangin berkelahi. Daripada terjadi pertumpahan darah antar hubungan keluarga kan yah, akhirnya gue memilih buat pamit mandi. Chat sama nyokap berakhir dengan semena-mena.

Gue jadi inget jaman dulu waktu belom jamannya bisa chat, kirim-kirim file secara cepat, masih jamannya bluetooth. Nyokap gue baru diajarin nge-blutut, itu tiaaaappp hari pengennya ngirim-ngirim segala-gala pake blutut. Apa-apa suruh nyalain blutut, kirim foto lah, kirim lagu lah, kirim surat lah, kirim parcel lebaran lah. Nggak penting banget pokoknya. Waktu itu gue udah kerja di Bandung, tetep juga kursus kilat jarak jauh soal gadget, tapi pake sms.

Suatu sore sepulang gue kerja, nyokap tiba-tiba sms. Nyokap tuh emang sukanya tiba-tiba gitu, hebohlah pokoknya. Buat kamu calon menantunya kelak, jangan kaget yaa entar kalo mami aku suka tiba-tiba gitu (eyaaahhh!!).

Nyokap sms,

"Dan, coba nyalain bluetooth nya.."

"Buat apaan?", kata gue.

"Ibu mau kirim gambar.."

Seketika gue terperangah.. tercekat..

Wowww!! Sangat brilian!! Nyokap gue mau ngirim gambar dari Bogor ke Bandung pake bluetooth, SODARA SODARAAAAAA! Ini entah gue yang salah dalam metode pengajaran ato nyokap gue yang inisiatifnya sangat tinggi.

"Mana bisa iiiihhhh?? Itu filenya suruh naek bus aja ke Bandung mah!"

"Oh, nggak bisa yah? Yaudah atuh..", jawaban datar sok innocence dari nyokap gue kembali mengakhiri perbincangan hangat secara semena-mena antara dua insan yang masih memiliki hubungan darah tersebut.

Waktu itu mendadak gue dirundung kesedihan yang teramat dalam. Mungkin kalo saat itu deket gue ada pisau dapur.. ah sudahlah..

Ini gue emang nggak temenan di Facebook sama nyokap, makanya gue bisa cerita begini. Maafkan ananda, Ibunda. 😜

Gue mau tidur dulu yak.. entar malem masih on duty lagi.. aaaaakkkkkhhhh bulan depan lamak banget siiiihhhh.. pengen pulaaaaanggg.. 😔😖

~Salam Sempak Selalu~

No comments:

Post a Comment