Wednesday 29 June 2016

-26052016-

Hai readers 'Sempak Miring' .. udah lama juga, ya, gue nggak nulis-nulis. Mungkin ada beberapa dari elu yang nanya ke gue kok tulisan gue nggak pernah ada lagi, yaa itu lantaran antara belom dapet inspirasi mau nulis apaan, sama belom sempet mikir apa yang mau ditulis, hehe.. sama aja yah. Dan kebetulan, eh tapi bukan kebetulan juga sih, ini semua udah diatur oleh Yang Maha Kuasa, bahwa hari ini akhirnya gue dapet bahan buat nulis. Yaahh tapi jangan pernah berharap deh lu semua nemuin tulisan yang dibuat berdasarkan kajian ilmiah dan yang harus membutuhkan proses observasi secara berkesinambungan. Apa yang (selalu) gue tulis itu biasanya cuma hasil dari pengamatan satu kejadian atau momen dalam hidup nyata gue yang disertai pemikiran singkat gue sendiri yang agak absurd namun cukup kompleks, yang sebenernya cuma gue kembangkan dari pokok pikiran utamanya aja yang bersifat sederhana berupa sejumlah kalimat menjadi beberapa gagasan paralel yang saling berkorelasi, untuk kemudian dikemukakan menjadi suatu kesatuan demi terciptanya sebuah karya yang pada hakekatnya adalah satu substansi (???) ... bentar, ini kok gue jadi bingung sama tulisan gue sendiri yah? Bingung nggak lu? Sama donk.. toss dulu ah! *ploppp*

Hari ini gue ditakdirkan Tuhan untuk menjalani medical check up, yang mana hasil dari pengecekan medis gue ini adalah merupakan persyaratan yang diperlukan untuk memasuki sebuah institusi. Rumah sakit yang ditunjuk untuk gue melakukan serangkaian tes medis adalah sebuah rumah sakit ternama di bilangan Tanjung Priok. Atas nama sebuah privasi, gue sengaja nggak nyebutin namanya, tapi sebut aja namanya Rumah Sakit Puri Andika. Iya donk, kalo gue sebutin Puri Medika nanti pada tau atuh?

Ok, lanjut..

Gue berangkat pagi-pagi jam 7 dari Bogor. Didasari rasa penasaran, gue emang sengaja naek motor dari rumah, pengen tau jalur ke sana itu lewat mana aja, yang kemudian gue bilang itu adalah keputusan yang salah. Salah besar men, dan kalo elu pake motor ke Tanjung Priok dari Bogor, elu harus siap bawa pantat cadangan. Kalo buat hape lu bawa powerbank, kalo buat bokong mungkin bisa bawa pantatbank. Itu jauuuuuhhh banget aseli! 70-an kilometer dari Bogor. Hhhhh.. sore ini gue berasa selangkangan gue ilang. 😧😥 well life must go on..

Singkat cerita setelah melalui perjalanan panjang muter-muter pake GPS di kota Megapolitan, akhirnya sekitar jam setengah 11 siang tadi gue sampe di rumah sakit yang dimaksud. Gue emang nggak hafal jalan-jalan di ibukota, jadi tiap 100 meter gue berenti buat buka GPS, takut-takut kalo nyasar ntar gue bisa diculik terus diperkosa sama tante-tante stocking belang, gimana coba? Ya minta nambah lah!! #eh

Sesampainya di sana, gue langsung menuju ke meja resepsionis buat nyerahin dokumen-dokumen penunjang sama surat pengantar check up. Setelahnya gue diminta untuk menyelesaikan segala biaya dibagian awal. Daaaaannn proses pemeriksaan pun dimulai. Jeng.. jeeeeeeenggg.. !! (nggak gitu juga sih.. biasa aja kok.. nggak semenakutkan yang terbayang sebelumnya)

Proses pertama adalah ambil darah. Duh, gue sebenernya ngeri liat darah, bukan takut sama suntikannya. Diameter jarum segede tiang telepon juga gue nggak takut kalo yang diambil itu bukan darah. Lalu lengan gue dipasangin semacam tali yang ujungnya pake 'buckle' .. tau 'buckle' nggak? Itu loh yang kalo pake helm bunyi 'klik' itu. Nah abis dipasang tali itu, aliran darah gue berasa berenti.

Sambil pegang suntikan, mbak susternya bilang, "Tahan ya, mas, mungkin pas dimasukin agak sakit, tapi nanti udahnya enggak kok, jangan tegang gitu, ah, mas, nanti mampet!"

Yang terdengar di telinga gue, "Tahan ya, mas, mungkin pas dimasukin agak sakit, tapi nanti lama-lama enak kok, nah iya ditegangin gitu, ah.. ah.. mas, jangan cepet-cepet!"

Seketika itu gue bingung dan bergumam sendiri, "Loh ini yang harusnya masukin siapa sih?"

"Udah, mas, sekarang mas tes urine ya, taro sini air seninya", kata mbak susternya sambil ngasih gue semacam tabung plastik kecil.

Lah, nggak kerasa loh pas disuntiknya. Beneran deh. Mungkin buat yang takut disuntik, bisa pake metode gue tadi.

Lalu gue ngambil tabung plastik tadi, terus gue bawa ke toilet yang ada di ruangan itu. Gue emang pengen pipis, sih, dari awal masuk ruang periksa tadi, tapi gue tahan karena gue tau bakal ada cek urine. Kalo gue pipisin tadi, gue bakal kesusahan ngeluarinnya lagi. Di toilet gue pipis seperti biasa, di awal kira-kira seperempat kapasitas pipis gue, langsung gue masukin ke tabung plastik yang tadi gue ambil. Pas hampir penuh, langsung gue alihkan 'selang kehidupan' gue ke kloset. Tangan kiri gue megang tabung plastiknya, tangan kanan gue merapatkan penutupnya. Sambil gue biarkan 'selang kehidupan' gue menuntaskan tugasnya dengan mode 'auto-pilot' sampe selesai, maksudnya nggak sambil gue kontrol gitu. Pas gue udah selesai sama tabung plastiknya dan beralih ke 'selang kehidupan' gue.. OOOOHHH MAIGOTTT!!! sempak gue ngalangin jalur yang harus dilalui air kencing gueeee.. alamaakkk'jaaaangg!!! 😖😔 wah.. pertanda buruk nih.. akhirnya sempak gue copot, gue bilas-bilas cantik terus gue peres air bilasannya. Untungnya sih nggak banyak area yang dicurigai terkena limbah ekskresi tersebut.

Abis proses tes urine, gue dipersilakan lanjut ke lantai 3 bagian periksa mata sama cek fisik. Pas bagian periksa mata, semua berjalan sangat lancar, karena gue sama sekali nggak buta warna. Abis dari ruang periksa mata, gue diminta lanjut ke ruang sebelah buat cek fisik. Gue disuruh nunggu dulu. Lumayan, ada kali 30 menitan mah.

Lama nunggu di depan pintu bertuliskan "3B" akhirnya nama gue dipanggil masuk. Begitu sampe di dalem, gue liat ada seorang dokter (yaiyalah masa seorang wasit?!) beserta 3 orang dayang-dayangnya (baca: susters.. pake 's' karena jamak). Tiba-tiba suster yang nyuruh gue masuk tadi langsung ngedeketin gue, "Mas buka bajunya, sepatunya, ikat pinggangnya juga. Gelang sama jam tangannya juga dicopot, kosongin kantong celana".

Gue pikir, "Gilaahhh belom apa-apa gue langsung dibegal!" Tapi kan ini rumah sakit, masa iya gue dirampok? Ternyata gue mau diperiksa apakah gue punya tato atau enggak. Fuhh! 😥
Terus berat badan gue ditimbang dan tinggi badan gue diukur. Abis itu gue di-interview singkat sama dokter perihal apa gue pernah sakit atau ada riwayat sakit, apakah gue ngerokok, apakah gue minum alkohol, apakah gue pernah eek di celana ketika gue melakukan kencan pertama, eh, nggak denk, yah pokoknya gitu-gitu lah.

Kemudian masa-masa suram itu pun akhirnya menghampiri gue seiring dokter berkata, "Sekarang tiduran di ranjang periksa, dibuka semuanya ya!"

Gue pun menuruti perintah dokter, gue masuk ke 'ruangan' yang cuma pake semacam tirai dari kain sebagai pembatasnya. Gue mulai menanggalkan celana panjang gue. Tinggal pake sempak doank, masih nggak yakin, sambil nongolin kepala ke luar tirai, gue tanya lagi ke dokternya yang masih nulis-nulis sesuatu di mejanya,

"Sama celana dalemnya, dok?"

"Iya semuanya.. "

Akhirnya gue bener-bener lepas semuanya dan gue sama sekali nggak ketutup benang selembar pun. Aiiihhh!! Di luar tirai ada mbak suster 3 orang, gue khawatir kalo tiba-tiba salah satunya atau bahkan semuanya ikut masuk ke 'ruangan' tadi.

Dan ini harus diperhatikan yaaa, kalo elu bakal menjalani general medical check up, terutama kalo ada cek fisiknya, pastikan dari rumah elu pake sempak yang sewajarnya aja, nggak usah yang sok asik yang terlalu rame misalnya ada renda-rendanya gitu, nggak usah, ini seriusan! Untung aja gue hari ini nggak pake sempak Hello Kitty gue, kalo iya, duuuhhh mau ditaro mana titit gue, eh, muka gue?! 😵😨 oh iya, terus pastikan bahwa 'perabotan' elu itu rapi dan bersih. Ngerti kan maksud gue? Yaaa biar keliatan higienis aja gitu, malu donk sama dokternya kalo keadaan di bawah sana amburadul, kusut, semrawut nggak karuan. Bersyukur semalem Si Franky udah gue salonin, udh rapi, gue modelin mohawk. (Emang bisa yak?)

Untung dokter yang  ngecek fisik gue tadi cowok, jadi yaa, masih agak biasa aja lah gue, karena kan 'perabotan' nya sama. So nggak ada alasan buat dia menginginkan 'perabotan' yang gue miliki, baik itu untuk dipergunakan secara legal maupun ilegal. (Apaan sih?)

Dalam keadaan gue yang polos gitu, dokter mulai periksa bagian-bagian tubuh gue. Yang gue heran, sebenernya itu pemeriksaan biasa aja loh, kayak periksa dokter-dokter pada umumnya gitu, yang mana gue sambil tetep pake baju pun masih bisa dilakukan pemeriksaan itu. Cuma diteken leher gue, suruh mangap, suruh ngomong "aaaaaaaaa.." , cek dada pake stetoskop, suru loncat indah, suruh lompat galah. Itu semua kan bisa tanpa harus lepas pakaian kan?

Nggak berapa lama ada seorang perempuan masuk ke ruangan, tapi bukan ke ruangan tirai yang ada guenya. Dia bermaksud mau ngasihin entah data apa dalam bentuk amplop besar ke dokternya, dokterpun keluar ruangan tirai. Dan kekhawatiran terbesar gue pun terjadilah, si mbak wanita itu (heu? 'mbak wanita'? Ah bodo amat apapun itu lah, gue kan lagi panik!) masuk ke ruangan tirai yang ada guenya! Damn!!! Serta merta gue tutupin daerah pribadi gue pake kedua tangan gue. Dia ngeliat seluruh tubuh gue, terus senyum manis penuh arti, tapi nggak tau artinya apaan, gue kudu buka kamus dulu. Dan.. yang lebih damn lagi.. DIA CANTIK!! Rambutnya sebahu, bulu matanya lentik, alis terlintang manis di atas matanya, bulu ketek berhamburan, bulu idung keluar-keluar menjuntai.. eh, yang 2 terakhir barusan enggak denk, cuma fiktif belaka. Tapi bukan berarti kalo dia nggak cantik dia bisa bebas ngeliatin tubuh gue juga sih. Yaaahh gitu, deh, pokoknya mah.

Faaakkk!! Saat itu gue cuma bisa menyesali diri kenapa gue hidup di taun 2016.. huaaaaaa..

Mbak itu cuma tanya, "Mas punya tato?"

"Enggak, Mbak..", jawab gue.

"Oh kalo gitu saya mau nawarin jasa bikin tato, 2 jam jadi, mas.."

(Ya enggak bilang gitu, laaaahhh! lu pikir di pantai Bali, jualan tato?!?!)

Mbak itu senyum lagi dan bilang, "Oh ok, makasih", seraya pergi ninggalin gue dalam keadaan pasrah.

Gue bales senyum, terus anggukin kepala masih dalam keadaan terlentang, dengan kedua tangan masih nutupin area intim gue. Gue heran, peran dia sebagai apaan sih kok cuma masuk terus tanya gitu doank terus langsung keluar lagi? Kepo amat sama anatomi gue? Seiring kepergiannya, gue lalu memalingkan muka ke kiri ke arah tembok, dan airmata mulai membasahi pipi gue, meratapi kenapa alam semesta mengijinkan wanita cantik tadi memandangi gue dengan tanpa sehelai benangpun di tubuh gue, dalam keadaan gue yang nggak berdaya gitu. INI NGGAK FAIR!! DUNIA INI NGGAK ADIL!! Dalam tangis, gue berharap bahwa si mbak cantik tadi nggak beneran liat SELURUH tubuh gue. Huhuhuhuuu.. 😣😭 eh, tapi emang lu percaya gue nangis?

Dokter cowok tadi masuk lagi terus nyuruh gue untuk menghadapkan badan gue ke tembok sambil peluk kaki, jadi paha gue disuruh ditempelin ke dada gitu. Kemudian dokter itu berkata, "Maaf ya, mas..", belom sempet gue mencerna kenapa ada sesi maaf-maafan tadi, padahal ini belom Lebaran, sepersekian detik kemudian, "Aaaarrrrgggghh.." gue tercekat dan sedikit ngejerit pas ada suatu benda asing yang gue rasakan masuk ke lubang ekskresi gue di bawah sana.

"Aaaaaarrrgghhh.. lagi, Dok!" Eh, enggak-enggak bukan.. bukan gitu.. gue nggak ngomong gitu, beneran enggak. Ternyata tadi itu cek dubur. Euuhhh.. sumpah gue kaget, tapi yaudahlah.. semua udah terjadi, mau digimanain lagi kan? Dan rectal swab alias cek dubur tadi adalah rangkaian tes terakhir di ruangan itu. Setelah itu gue dipersilakan untuk ngelanjutin tes medis di divisi lain. Dan tes-tes yang lain nggak ada hal menarik yang bisa gue share. Akhirnya jam setengah 3 gue selesai, lalu gue ambil waktu sejenak buat berdoa, minta bimbingan, tuntunan dan pengawalan Tuhan supaya bisa balik ke Bogor, sampai dengan selamat, dan bisa kumpul lagi sama keluarga di rumah. Dan walo jauhnya amit-amit dari Tanjung Priok ke rumah gue di Bogor, tapi alhamdullilah gue bisa sampe juga di rumah hingga tulisan ini bisa selesai sampe di sini. Sampe ketemu kapan-kapan, kalo mood nulis gue udah muncul lagi. Hehe.. 😊

Selamat beristirahat buat semuanya.
God bless you. 😊

Salam Sempak Selalu!

No comments:

Post a Comment