Sunday 17 February 2019

-27032017-

Gue pengen nulis lagi, karena gue nggak tau mau ngapain. Kalo udah balik kerja jam segini itu yang gue lakukan cuma mandi; terus bengong sambil minum softdrink, atau maen game Harvest Moon di hape, atau nonton tv yang nggak jelas acaranya, atau tv yang nonton gue yang nggak jelas kisah percintaannya (udah nggak usah dibahas!). Eniwei, pasti ada yang nanya: emang bisa ya bengong sambil minum softdrink? Sini gue kasitau jawabannya. Jawabannya adalah BISA! Caranya: Berdoa dulu sebelom bengong, minta kekuatan, bimbingan serta penyertaan Tuhan supaya bisa fokus bengong dengan baik, jangan lupa juga doakan mama papa kita supaya tetep sehat dan bahagia. Lalu arahkan pandangan ke arah yang tak tentu arah (heu?), nah pada fase ini, elo boleh pilih antara kosongkan pikiran atau pikirkan 1 hal yang sifatnya berlarut-larut, tapi tetep harus fokus. Ingat, stay focus! Nah lalu mulailah bengong. Setelah dirasa cukup, kira-kira 5 menit sekali, buyarkan fokus bengongnya, minum softdrinknya, lalu usahakan kembali fokus untuk bengong. Lakukan secara berulang-ulang. Dan.. lo berhasil bengong sambil minum softdrink. Oh iya, kegiatan "minum softdrink" ini bisa diganti sama kegiatan lain yang lo sukai. Misalnya bengong sambil masak, bengong sambil nonton tv, bengong sambil maen barbie, bengong sambil panjat pinang, bengong sambil balap karung. Kuncinya tetep FOKUS! Dan kalo elo udah bisa fokus kayak gue, bukan nggak mungkin elo bisa sampe pada level yang "expert" yang lagi gue coba sekarang: bengong sambil ngelamun. Kegiatan ini butuh latihan extra fokus yang kontinyu dan berkesinambungan. Gue belom bisa sampe level sini karena gue suka nggak fokus. Lagi tengah-tengah fokus bengong, belom sampe ngelamun, udah ngantuk, akhirnya gue bengong sambil ketiduran. Ah udah ah, ini bahas apaan sih?

Gini loh.. kemaren pas bikin sop ayam buat breakfast para "internal guest" (baca: crew) gue tiba-tiba keinget jaman-jaman gue masih sekolah di institut "culinary" di Jakarta (huhuhu!! Gue kangen Indonesia 😢😭). Gue inget satu momen dimana pas jam "lunch break", gue sama temen-temen nyari makan di luar. Dan ini beneran di luar, bukan artinya "di luar" itu di restoran gitu. "Di luar" dalam konteks ini adalah beneran di luar di pinggir jalan gitu, yang sebelahnya comberan, deket sekolah gue itu. Kami biasanya berlima atau berenam gitu makan bareng. Gue pesen ketoprak, 2 temen gue yang lain juga sama pesen ketoprak, 1 pesen nasi rames, yang 1 beli batagor sama siomay, yang 1 lagi cuma beli gorengan, tapi nggak sambil bengong. Pas semua makanan yang kami (KAMI bukan kita, orang banyak yang salah paham soal ini, karena kalo "kita" pembaca juga ikut serta) pesen udah dateng dan siap santap, temen gue yang beli gorengan udah abis 2 tahu. Pas dia mau makan tahu yang ketiga, nggak sengaja tahu itu jatoh. Seketika dia melakukan gerakan reflek yang menawan demi menangkap tahu itu, karena posisi dia emang lagi berdiri. Itu kalo pake slow motion keren banget, kayak atlet olimpiade loncat indah lagi maen catur (iya emang nggak nyambung!). Namun sekeren apapun gerakan yang dia lakukan, tahu itu tetep jatuh menjejak bumi. Plukkk! gitu kira-kira bunyinya. Dan dia cuma memandang tahu yang teronggok di trotoar itu sambil berseru, "aaaaarrgghh!". Dia ambil tahu itu sambil bilang, "Ckk.. ah, gembel aja nggak mati" terus dimasukin ke mulutnya, dikunyah, terus ditelen. Kami berlima cuma ngeliatin dia, sambil bengong, sepersekian detik kemudian, bagaikan simfoni dalam paduan suara, pake suara 1, suara 2, suara 3, suara kambing, bareng-bareng kami bilang, "iissssshhh!!", sambil pasang tampang yang kira-kira kayak gini ➡ 😖😵 sejenis ekspresi jijay, tapi juga kagum (lah?). Pada hari itu, gue nggak ngerti definisi "gembel" menurut dia itu apa atau siapa. Yang jelas sampe detik ini, dia masih idup dan (kayaknya) masih sehat-sehat aja.

Nah, terngiang akan kalimat keramat temen gue itu, waktu kemaren bikin sop ayam, pas gue mau ngicipin ayamnya, tiba-tiba pluk! Jatoh ke lantai. Setidaknya lantai dapur sih, bukan trotoar. Terus gue bilang, "Halah, gembel aja nggak mati!", gue ambil, terus gue icipin, gue masukin mulut. Enak! Kalo misalnya besok-besok gue udah nggak pernah update status lagi, berarti gue udah mati karena makan sepotong ayam yang udah jatoh. Tapi alhamdulillah gue masih sehat-sehat aja dan nggak mati sampe detik tulisan ini lo baca. "Gembel aja nggak mati.." apakah ini berarti gue masuk dalam kategori gembel menurut temen gue itu? Ini yang masih gue pikirin sambil bengong.

Mungkin dalam situasi tertentu, kalimat bertuah yang versi dulunya: "ah.. belom 5 menit..!" dan sekarang bertransformasi jadi: "ah.. embel aja nggak mati.." itu bisa lo pake. Seperti lo mau makan, tapi nggak ada sendok, garpu, atau alat makan sejenisnya, dan nggak ada air buat cuci tangan. Silakan ucapkan, "ah.. gembel aja nggak mati" lalu nikmatilah makanan lo. Jangan pikirkan hal-hal yang negatif, supaya tubuh bisa menjaga sistem imunnya dan sugesti lo itu akan bikin tubuh lo ngerasa bahwa apa yang lo masukin ke mulut, itu "baik-baik" aja. 😎👍

Pada dasarnya apa yang gue tulis ini nggak penting sih, tapi gue pengen nulis aja. Tadinya pengen singkat gitu, tapi ini kenapa jadi panjang begini ya? Ya sudahlah, seperti biasa, gue harus beranjak tidur, karena nanti malem gue harus kembali on duty di hell kitchen. 😎

Selamat sore readers!

Salam sempak!

No comments:

Post a Comment