Wednesday 15 July 2015

-16072015-

Ini seriusan banget, dibalik ke-absurd-an yang sering terjadi di dalam keluarga gue, gimana ajaibnya bokap nyokap gue, gue lebih memilih untuk bersyukur (baca: berserah serta pasrah) memiliki mereka dalam hidup gue. Haha, nggak denk, beneran bersyukur kok. Tuhan memberikan orangtua yang bener-bener terbaik dan awesome walo kadang kalo udah abstrak, itu abstraknya kebangetan banget banget dah (apa sih??).

Seperti pagi ini, gue sama bokap nyokap lagi duduk ngumpul di depan TV. Seperti biasa, gue pegang hape, sambil asik menjelajahi semua sosial media yang gue punya. Nyokap juga sama, asik sendiri sama temen-temen genk Whatsapp-nya, senyum-senyum sendiri, ngedumel nggak jelas, sesekali benerin kacamatanya yang melorot dari idung, sesekali garuk-garuk ketek. Dan bokap gue sendiri asik nonton berita pagi, sesekali membuka obrolan ke gue tentang fenomena mudik yang biasa terjadi dikala menjelang Hari Raya Lebaran.

Pas gue lagi asik kirim-kiriman pesan suara (Voice Note) sama temen gue di Whatsapp, sekonyong-konyong bokap gue pergi ke dapur dengan agak sedikit buru-buru. Selesai gue kirim VN, bokap gue udah balik lagi duduk di depan TV. Terus tiba-tiba bokap gue melontarkan sebuah pertanyaan absurd,

"Eh kamu pernah nggak kecolok belek sendiri?"

😲😲😲

Seketika gue mengalihkan pandangan dari layar hape gue memandang bokap gue yang udah lebih dulu pasang tampang serius, gue tercekat atas apa yang diucapkan bokap gue barusan. Eh busettt, kecolok lah sama belek sendiri. -____-" tapi ya nggak apa-apa sih, daripada kecolok belek orang kan yah, lebih gimanaaaaaa gitu.

Ngeliat reaksi gue yang terhenyak dengan apa yang doi bilang barusan, bokap gue ngelanjutin lagi,

"Bapak sering tuh kecolok belek sendiri. Makanya tadi langsung cepet-cepet ke dapur, terpaksa cuci muka.."

Gue yang udah nggak bisa berkata apa-apa, cuma ngerespon dengan nggak kalah absurdnya sambil masih pasang tampang takjub karena terbawa suasana,

"Wah belek bapak keren yah.. bisa mengkristal gitu. Mungkin bisa coba digosok, Pak, terus ditaro di 'frame' cincin.."

Dan di situ gue berkeyakinan, mungkin suatu saat nanti, peran batu akik itu akan tergeser oleh batu belek sebagai perhiasan untuk memperindah penampilan. Mungkin..

Gue jadi inget kejadian nyokap yang hampir-hampir mirip sama yang dialami bokap gue barusan. Peristiwa itu terjadi udah lama banget.

Waktu itu udah malem sekitar jam 11an, gue lagi nonton TV sendirian di ruang tengah, tiba-tiba dari kamar depan, gue denger nyokap gue batuk-batuk dengan hebatnya. Lamaaaa banget. Menyadari bahwa gue belom tidur, nyokap manggil-manggil gue,

"Daaaaannn.. ambilin ibu minuuumm!"

"Iya bentar, buuu.."

Gue langsung ke dapur buat ngambilin ibu minum terus gue anterin ke kamar. Nyokap minum dengan buru-buru, sambil masih sesekali batuk-batuk, entah kemasukan nyamuk kali.
Terus gue tanya,

"Bu.. kenapa sik kok tiba-tiba batuk gitu?"

Nyokap gue yang masih sibuk dengan batuknya, nggak menggubris pertanyaan gue.

Gue tanya lagi,

"Kenapa sik, Bu..??"

"Uhuk.. uhuk.. uhuk..", nyokap masih batuk nggak berenti-berenti.

Pas gue mau tinggalin, nyokap gue langsung ngasih kode, "eeeuuhhhh.. euuhhhhhh!!" sambil masih minum, dan gelasnya masih nempel di bibir, seolah minta gue jangan pergi dulu, sekalian minta tolong buat ngembaliin gelas ke dapur.

Setelah batuk nyokap gue mereda, gue tanya sekali lagi,

"Tadi kenapa, Bu, batuk-batuk sampe kayak gitu??"

Lo tau jawaban jenis apa yang dikasih nyokap gue saat itu?

"Keselek ilerrrr!!", abis ngasihin gelasnya ke gue terus nyokap gue dengan 'innocent'nya ngelanjutin tidur lagi. -__-"

Seketika gue hening bergeming..

Pantesan yah mereka berdua cocok, Tuhan dan alam semesta nggak salah menyatukan mereka, pantesan aja anaknya jadi kayak gini.
-__-" but well, anyway, segimanapun absurdnya mereka, tapi mereka adalah orang-orang terbaik sekaligus anugerah terindah yang Tuhan kasih buat gue. 😊

Buat temen-temen yang lagi mudik, heart-heart on the street yaa.. kalo ngantuk tidur aja (yaiyalaahh!), kecuali buat mereka yang mengendarai. Semoga selamat sampe tujuan tanpa kurang suatu apapun, bisa kumpul sama keluarga, bisa merayakan hari kemenangan dengan sukacita dan bisa kembali lagi ke kota tujuan masing-masing. Doa gue menyertai kalian semua. 😊 Selamat Hari Raya Idul Fitri..

Selamat pagi. Selamat beraktivitas.

Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment